Donate and Volunteer

Visi Kami

Mewujudkan dan menciptakan lingkungan ramah anak dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi anak-anak generasi penerus bangsa.

Misi Kami 

  • Membangun suatu kesadaran publik akan pentingnya suatu lingkungan tempat tinggal yang ramah anak.
  • Menyusun panduan-panduan dan studi-studi implementasi dalam menerapkan suatu bentuk lingkungan tempat tinggal yang ramah anak.
  • Bekerja sama dengan masyarakat dalam menciptakan lingkungan ramah anak

 

Perjalanan Kami

Di akhir tahun 2004, bencana alam Tsunami yang mengenaskan melanda Provinsi Aceh. Dengan skala bencana yang begitu besar, kami lima wanita arsitek* tergerak hati nya untuk membantu. Sebagai Ibu kami bersimpati terhadap korban anak-anak di Aceh yang kemungkinan besar banyak yang kehilangan tempat tinggal dan menjadi patah semangat.

Dengan mengandalkan sumber daya yang kami miliki, kami berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan donasi yang akan disalurkan kepada anak-anak di Aceh. Kami pun memulai pertolongan kami dengan kontribusi yang sederhana seperti alat tulis dan buku. Tujuan kami adalah meringankan beban pikiran anak-anak korban bencana dan membantu mereka mengurangi trauma psikologis yang mungkin akan bereaksi dalam jangka waktu yang panjang. Apabila dibandingkan dengan atensi dan bantuan yang mereka dapatkan dari seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia, mungkin apa yang kami berikan tidak seberapa besar. Namun, ini lah titik awal kami untuk bergerak lebih serius dalam berkontribusi terhadap negara kami terutama terhadap anak-anak Indonesia.

Pada tahun 2005, kami pun mendirikan "ars86peduli" dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penting nya lingkungan hidup yang berkualitas dan menjadikan anak sebagi agen perubahan masa depan. Pada tahun 2007, yayasan ars86peduli diresmikan sebagai "non-profit organization" yang mayoritas anggota nya adalah alumni Universitas Parahyangan, jurusan Arsitektur angkatan 1986.

Tahun 2012 merupakan tahun prestasi kami, ditandai oleh terbentuknya tim manajemen yang profesional dan mitra Internasional. Jumlah tim kami pun meningkat dengan bergabungnya relawan-relawan dari berbagai latar belakang dengan keahlian khusus masing-masing. Di tahun yang sama kami pun mendapatkan pengakuan dari sesama lembaga lokal, maupun internasioanal. Adanya pengakuan dari sesama lembaga menigkatkan tingkat kepercayaan diri kami untuk terus maju dengan program-program kami. Space-to-Build, Words-to-Share dan Value-to-Do merupakan program yang kami kedepankan untuk terus membantu anak-anak Indonesia.

Satu dekade setelah inisiasi pertama kami, yayasan ars86peduli menjadi proaktif dalam mempromosikan hak-hak anak dan menciptakan ruang-ruang anak-anak dimulai dari area Jawa Tengah. Sebelas TK telah dibangun di kabupaten Demak dan Grobogan, lima judul buku bergambar untuk anak telah diterbitkan dan didistribusikan ke sekolah SD dan perpustakaan di seluruh Indonesia, dua puluh delapan perpustakaan telah didirikan di kota Bandung, dan kabupaten Demak dan Grobogan, juga lebih dari 1.000 relawan telah terlibat dalam program kami, dan diperkirakan 500.550 anak usia 4-12 telah terkena dampak dari aksi kami.
 
* Lima arsitek wanita, termasuk: Ria A Sitohang, Dessi Rajino, Harini Septiana, Ken SA Wilson, Marini Widowati, disertai dengan Victor R Situmorang

Indonesian